Pengenalan Microsoft Word 2010, Menu dan Fungsi Menu Ms. Word 2010


Pengenalan Microsoft Word 2010, Menu dan Fungsi Menu Ms. Word 2010

A.    Pengertian

Microsoft Word 2010 ini merupakan aplikasi pengelola kata yang merupakan kelanjutan dari aplikasi-aplikasi sebelumnya. Aplikasi ini dirancang agar mempermudah dalam pembuatan dokumen laporan,  surat, brosur dan lain sebagainya yang dapat dikerjakan dengan Ms.Word 2010 ini. Adapun kekurangan dan keunggulan aplikasi ini yaitu :

1.    Kekurangan

o  Lebih sulit, karena programnya lebih tinggi lagi dibanding Ms. Word 2007 sehingga lebih sulit dioperasikan apalagi user yang sudah biasa dengan aplikasi sebelumnya,

o  Tidak terdapat “Office Button”, dan

o  Desainnya cukup sulit dan belum familiar bagi masyarakat yang menggunakannya.

2.    Keunggulan

o  Fasilitas yang terdapat di dalamnya lebih lengkap dibanding aplikasi-aplikasi sebelumnya,

o  Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil,

o  Office 2010 memberikan smartart dan template baru beserta koleksi sebelumnya dari Ms.Word 2007, dan

o  Loading lebih cepat.

B.     Fungsi Menu pada Microsoft Word

-          Menu Home

a.        Group Clipboard

o  Save

Untuk menyimpan file atau dokumen yang kita buat.

o  Save As

Untuk menyimpan file yang baru kita buat sesuai tempat yang kita inginkan.

o  Open

Untuk membuka file yang telah kita buat sebelumnya.

o  Close

Untuk menutup aplikasi Microsoft Word.

o  Info

Untuk mengetahui informasi tentang dokumen yang diketik.

o  Recent

Untuk melihat dokumen yang telah kita hapus sebelumnya.

o  New

Untuk membuka lembar kerja baru atau dokumen baru.

o  Print

Untuk mencetak dokumen yang sudah dibuat.

o  Save & Send

Untuk menyimpan dokumen dan kemudian dikirim.

o  Help

Untuk meminta bantuan-bantuan pada Ms. Word.

o  Options

Untuk pengaturan di Ms. Word.

o  Exit

Untuk keluar dari aplikasi Ms. Word.

b.   Group Font


o  Paste

Untuk menempelkan tulisan atau gambar yang sudah di copy.

o  Cut

Untuk memotong gambar atau tulisan yang akan kita ambil.

o  Copy

Untuk menggandakan tulisan atau gambar yang dibutuhkan atau yang dikehendaki.

o  Format painter


o  Font

Untuk memilih jenis hurup yang akan digunakan.

o  Font Size

Untuk mengukur berapa ukuran huruf yang di inginakan.

o  Grow Font

Untuk memperbesar huruf atau angka.

o  Shrink Font

Untuk memperkecil hurup atau angka.

o  Change case

Untuk menginginkan huruf besar, kecil atau besar semua.

o  Clear Formatting

Untuk membersihkan aplikasi atau menu yang digunakan.

o  Bold (B)

Untuk menebalkan huruf atau angka yang di inginkan.

o  Italic(I)

Untuk membuat miring huruf atau angka yang di inginkan.

o  Underline (U)

Untuk memberi garis bawah (U ) huruf atau angka yang di inginkan.

o  Strikethrough (abc)

Untuk mencoret huruf atau angka.

o    Subscript (x2)

Untuk membuat pangkat angka dibawah.

o  Superscript (x2)

Untuk membuat pangkat angka diatas.

o  Text effects

Untuk memberi variasi atau effect pada huruf atau apa pun.

o  Text highlight color

Untuk memberikan warna baground pada tulisan atau angka yang di inginkan.

o  Font color

Untuk memberikan warna pada tulisan atau angka sesuai yang di inginkan.

c.       Group Paragraph

Group Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:

oBullets : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih

oNumbering : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih

oDecrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri

oIncrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan

o    Left-to-Right : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)

o    Right-to-Left : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)

oSort : untuk menyortir data

o    Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf

oAlign Text Left : untuk mengatur teks rata kiri

o Center : untuk mengatur teks rata tengah

oAlign Text Right : untuk mengatur teks rata kanan

oJustify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri

oLine Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks

oShading : untuk mengatur warna latar teks terpilih

oBorder : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.

d.      Group Styles

Group Styles terdiri dari dua menu, yaitu:

o    Heading Styles : berisi pilihan format penjudulan paragraf terpilih

o    Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraf

e.       Group Editing

Secara umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:

o   Find : untuk mencari kata tertentu berdasarkan input keyword tertentu dalam suatu file

o   Recpale : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file

o   Select : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file

-      Tab Insert

Yaitu untuk memasukkan instruksi-instruksi kedalam lembar kerja, seperti pembuatan tabel, memasukkan gambar, memasukkan grafik dan lain sebagainya. Komponen-komponen dari tab insert adalah sebagai berikut :

1.    Pages, biasa digunakan untuk mengedit halaman pada lembar kerja. Bagian dari group ini adalah sebagai berikut:

·    Cover Page, untuk memberikan sampul pada halaman 

·    Blank Page, untuk menyisipkan halaman kosong dengan format dan desain standar 

·    Page Break, untuk memutuskan halaman dan berlanjut pada halaman berikutnya  

2.    Table, berfungsi untuk membuat tabel. Bagian dari group ini adalah sebagai berikut:

·    Insert Table, untuk menyisipkan format tabel secara otomatis sesuai baris dan kolom yang diseleksi

·    Insert Table, untuk menyisipkan tabel secara manual

·    Draw Table, untuk mengatur style tabel secara manual

·    Convert Text to Table, untuk mengkonversi teks menjadi tabel

·    Excel Spreadsheet, untuk menyisipkan lembar kerja dari microsoft excel ke lembar kerja microssoft word.

·    Quick Tables, untuk menyisipkan jenis tabel sesuai jatah yang tersedia di MS. Word 2010 

3.    Ilustration, berfungsi untuk menyisipkan objek, gambar, grafik dan sebagainya. Bagian dari group ini adalah sebagai berikut:

·    Picture, untuk menyisipkan objek gambar dari direktori yang tersimpan dalam komputer

·    Clip Art, untuk menyisipkan clipt art atau gambar yang telah disediakan.

·    Shapes, untuk menyisipkan objek shape atau berbagai jenis bentuk pada dokumen 

·    SmartArt, untuk menyisipkan objek struktur organisasi, flow chart dan sebagainya pada halaman.  

·    Chart, untuk menyisipkan objek grafik pada halaman 

4.   Links, digunakan sebagai penghubung, baik dengan objek, dokumen yang sama ataupun berbeda. Bagian dari group ini adalah sebagai berikut:

·    Hyperlink, untuk menghubungkan teks ke alamat website atau pada file yang ada di komputer  

·    Bookmark, untuk menghubungkan bagian naskah dengan bagian lain yang ada pada dokumen 

·    Cross-reference, untuk menghubungkan teks dengan objek (table, gambar, footer, halaman, dan lain-lain) yang menjadi bagian naskah dalam dokumen yang sama.

5.     Header and Footer, berfungsi untuk membuat teks pada bagian atas atau bawah pada lembar kerja. Bagian dari group ini adalah sebagai berikut:

·    Header, untuk menambahkan teks/objek pada bagian header/bagian atas yang akan tampil pada setiap halaman dalam dokumen 

·    Footer, untuk menambahkan teks/objek pada gaian footer/bagian bawah yang akan tampil pada setiap halaman dalam dokumen      

·      Page Number, untuk meberikan penomoran pada setiap halaman

6.     Text, berfungsi untuk membuat textbox, membuat tulisan indah, menyisipkan objek atau memberi tanggal. Bagian dari group ini adalah sebagai berikut;

·     Text Box, untuk menyisipkan kotak teks pada dokumen  

·    Quick Parts, untuk menyisipkan beberapa objek pada dokumen 

·    WordArt, untuk menyisipkan dekorasi tulisan pada dokumenCrop

·     Cap : untuk menambahkan huruf dengan ukuran besar pada awal paragraph 

·    Signature Line, untuk menyisipkan tanda tangan pada dokumen Date & Time : untuk menyisipkan tanggal dan waktu yang aktif pada dokumen yang aktif 

·    Object, untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen.

7.     Symbol, berfungsi untuk menyisipkan simbol-simbol tertentu. Bagian dari group ini adalah sebagai berikut :

·    Equation, untuk menyisipkan format matematika pada dokumen 

·    Symbol, untuk menyisipkan beberapa simbol pada dokumen.  

-      Tab Page Layeout, berfungsi utnuk mengatur tata letak halaman pada suatu dokumen. Bagian dari tab ini adalah sebagai berikut :

1.    Themes, berfungsi untuk memilih tema halaman yang termasuk warna pada halaman dan juga pada hurufnya.

2.    Page Setup,  digunakan untuk mengatur tata letak halaman.

3.    Page Background, digunakan untuk menghiasi atau memberi efek pada latar halaman. Bagian dari group ini adalah sebagai berikut:

·       Watermak, untuk memberikan efek air di belakang teks 

·       Page Color, untuk mengatur warna latar halaman

·       Page Borders, untuk mengatur garis tepi halaman

4.    Paragraph, untuk mengatur jarak dan batas antar paragraf.

5.    Arrange, bagian dari group ini adalah sebagai berikuT

-      Tab References, terdapat beberapa group pada tab ini yaitu sebagai berikut:

1.    Table of Contains, biasa digunakan untuk membuat daftar isi. Bagian dari group ini adalah sebagai berikut :

·      Table of Contents, untuk mengelolah daftar isi

·      Add Text, untuk mengelolah paragraph yang terpilih menjadi masukan pada daftar isi yang dibuat.

·      Update Table, untuk memperbaharui daftar isi. 

2.      Footnotes, seperti namanya, berfungsi untuk membuat catatan kaki. Bagian dari group ini adalah sebagai berikut:

·    Insert Footnote, untuk menyisipkan catatan pada bagian bawah halaman atau footer

·    Inset Endnote, untuk menyisipkan catatan di akhir bab

·    Next Footnote, untuk memantau footnote dan endnote

·    Show Notes, untuk melihat lokasi footnote atau endnoteyang telah dibuat.

3.    Citations & Bibliography, digunakan utnuk membuat kutipan dan biblografi. Bagian dari group ini adalah sebagai berikut :

·     Insert Citation, untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif

·    Manage Sources, untuk mengelolah seluruh sumber kutipan

·    Style, untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan

·    Bibliography, untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen yang aktif.

4.    Caption

5.    Index, digunakan untuk membuat daftar kata(indeks), biasanya diakhir dokumen.

6.    Table of Authorities, digunakan untuk membuat daftar kutipan. Bagian dari group ini adalah sebagai berikut:

·     Mark Citation, untuk menandai kutipan

·    Insert Table of Authorities, untuk membuat daftar kutipan 

·    Update Table, untuk memperbaharui daftar kutipan

-       Tab Mailing, secara umum tab ini digunakan untuk membuat surat. Group pada tab ini adalah sebagai berikut :

1.    Create, digunakan untuk membuat amplop atau labe

2.    Start Mail Merge

3.    Write & Insert Fields

4.    Preview Result

5.      Finish, digunakan untuk mengakhiri atau meyelesaikan surat. Bagian dari group ini adalah sebagai berikut :

·      Finish & Merge, Untuk menyelesaikan dan menggabungkan

·      Finish, Untuk menyelesaikan surat

-      Tab Review, digunakan untuk mengeja kesalahan tata bahasa, pemberian komentar, serta penguncian data (keamanan data).

1.    Proofing

2.    Language

3.      Comments, digunakan untuk memberi atau menghapus komentar. Bagian dari group ini adalah sebagai berikut;

·    New Comment, Memasukkan komentar baru 

·    Delete, Menghapus komentar

·    Previous, Memperlihatkan komentar sebelumnya

·    Next, Memperlihatkan komentar selanjutnya 

4.    Tracking

-      Tab View, biasanya digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja, mengatur tampilan lembar kerja dalam layar, serta pengaturan jendela lembar kerja.
=Terima Kasih=

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Drop Chat, Columns, Header & Footer, Clip Art dan Watermark , Page Border, SmartArt, Footnote dan Comment.

Pengenalan Hardware, Software dan Brainware

Manfaat penggunaan Fungsi Autosum, Product dan sumproduct, Min, Max.